Masakan Jawa

Resep: Iga Pindang Tetel Khas Pekalongan Yang Sedap

Iga Pindang Tetel Khas Pekalongan. Pindang tetel Pekalongan itu sendiri adalah makanan khas dari Pekalongan yang berasal dari desa Ambokembang, Kedungwuni, Pekalongan. Meskipun bernama pindang tetel, masakan ini lebih mirip rawon dan dibuat dari tetelan daging iga sapi, bukan ikan pindang seperti namanya. Salah satu makanan khas Pekalongan yg terbuat dr tetelan daging sapi dimasak dengan rempah khas Indonesia biasa disajikan dengan opak usek.

Iga Pindang Tetel Khas Pekalongan Selain kluwak, bumbu makanan khas Pekalongan ini juga.. Pindang tetel (bahasa Jawa: ꦥꦶꦤ꧀ꦝꦁ ꦠꦺꦠꦺꦭ꧀, translit. Pindhang tètèl) adalah makanan khas pekalongan yang berasal dari desa Ambokembang, Kedungwuni, Pekalongan. Anda dapat memasak Iga Pindang Tetel Khas Pekalongan memanfaatkan 21 rempah-rempah dengan 3 langkah mudah. Review langsung daftar bumbu dan cara memasaknya juga.

Bumbu untuk Iga Pindang Tetel Khas Pekalongan

  1. Ambil 1/2 kg Iga Sapi.
  2. Kamu membutuhkan 1/2 Kg Sandung Lamur.
  3. Siapkan Air secukupnya untuk kuah.
  4. Kamu butuh Bumbu Halus.
  5. Kamu butuh 8 Bawang Merah.
  6. Kamu membutuhkan 7 Bawang Putih.
  7. Kamu butuh 1 ST Merica & Ketumbar.
  8. Siapkan 6 Kluwek yang sudah direndam air panas.
  9. Kamu membutuhkan 3 Cabai Merah.
  10. Kamu butuh 3 Kemiri.
  11. Kamu butuh 1 Saset Trasi ABC (blh skip).
  12. Kamu membutuhkan 1 Ruas Jahe.
  13. Kamu membutuhkan Bumbu cemplung.
  14. Kamu butuh 2 Sereh geprek.
  15. Kamu membutuhkan 1 Ruas Lengkuas geprek.
  16. Kamu butuh 2 Daun Salam & Daun Jeruk.
  17. Siapkan 2 Helai daun bawang (blh skip).
  18. Ambil 6 Bawang Merah iris tipis.
  19. Kamu membutuhkan 8 Cabai Rawit Utuh.
  20. Siapkan secukupnya Kecap, Kaldu Bubuk & Garam.
  21. Kamu butuh secukupnya Minyak goreng.

Meskipun bernama pindang tetel, masakan ini lebih mirip rawon dan dibuat dari tetelan daging iga sapi. Pindang tetel ini merupakan makanan khas asli pekalongan yang dibuat dari bahan utama tetelan daging sapi. Pindang tetel merupakan salah satu makanan khas yang rasanya juara. Apalagi, jika kamu menikmatinya dalam kondisi panas, dan dimakan bersama teman atau keluarga. "Pindang Tetel" Makanan khas kota Pekalongan yg wajib dicoba, berisi tetelan daging iga sapi, tauge, sayuran, dengan bumbu khas menggunakan kluwak.

Iga Pindang Tetel Khas Pekalongan tutorial memasaknya

  1. Rebus Iga dan sandung lamur 10 menit, lalu buang air rebusan bersama buihnya, ganti lagi dengan air panas yg baru kemudian rebus lagi hingga setengah empuk, (masukan 3 sendok agar daging cepat empuk). Airnya sesuai selera, tergantung mau kuah encer atau sedang.
  2. Tumis bawang merah yg sdh diiris sampai harum, masukan bumbu halus bersama sereh, laos, salam, dan daun jeruk. Tumis lagi hingga sedikit kering agar kluweknya matang..
  3. Masukan tumisan bumbu ke dalam rebusan daging, masukan bersama cabai rawit utuh, kecap, garam & kaldu bubuk. masak hingga empuk dan bumbu meresap ke daging. Jika sudah Masukan daun bawang supaya segar..

Cocok dimakan dengan lontong dan kerupuk. Pindang tetel nerupakan makanan yang paling digemari masyarakat pekalongan. Salah satu makanan khas Pekalongan yang wajib kamu coba kelezatannya kali ini adalah pindang tetel. Pindang kebanyakan berbahan utama ikan dan berkuah kuning, pindang satu ini beda. Di Pekalongan pindang dimodifikasi dengan menggunakan daging dan kluwek.

Jika anda mengikuti langkah Iga Pindang Tetel Khas Pekalongan diatas bersama dengan benar maka anda bakal meraih hasil yang baik. Anda termasuk mampu beri tambahan kreasi tersendiri sesuai bersama selera kamu atau keluarga anda. Jangkan lupa untuk mencoba resep kami yang lain.

Source : Cookpad.com

Tags
Show More

umiresep

Saya adalah pengelola Umi Resep yang menyajikan berbagai macam resep masakan Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

8 BALL POOL APK for android

Close